Cara Membuat Sup Rumput Laut Korea Miyeok Guk

E-lifestyles - Yang sering nonton drama korea pasti tidak asing lagi mendengar makanan khas korea ini. Miyeok Guk merupakan sup yang terbuat dari miyeok atau sejenis rumput laut. Menu hidangan yang ringan dan tentunya lezat ini biasanya dimasak bersama dengan kaldu sapi atau kaldu seafood (seperti kerang). Miyeok guk menjadi menu wajib yang harus ada pada event ulang tahun. Orang korea akan merasa special ketika pada ulang tahun mereka diberi hadiah sup Miyeok guk yang bergizi ini.

resep membuat Miyeok Guk
Miyeok Guk untuk Ulang Tahun
Kenapa makanan Miyeok guk memiliki arti yang lebih bagi orang korea dibandingkan dengan makanan yang lain?. Budaya tradisional orang korea, mengaitkan Miyeok guk dengan kelahiran manusia di bumi. Dari jaman budaya korea kuno, makanan khas ini sudah menjadi santapan wajib yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil atau menyusui, kerena nutrisi dan gizi yang terkandung didalamnya sangatlah bermafaat dalam masa recovery ibu pasca melahirkan, dan juga sudah terbukti dapat menambah produksi ASI sang ibu. Itulah awal mulah sup Miyeok menjadi simbol makanan wajib pada saat hari ulang tahun bagi orang korea.

Yang tertarik ingin mencicipi masakan khas negri ginseng ini, tidak perlu jauh-jauh angkat koper berangkat ke korea, karna kalian dapat mencoba memasaknya sendiri dirumah. Bahan dan resep cara memasak sup Miyeok guk dapat kalian baca dibawah ini. Selamat mencoba.. :)

Resep Cara Membuat Miyeok Guk

Yang tertarik ingin membuat Miyeok guk sendiri dirumah, admin akan bagikan resep cara memasak sup Miyeok guk khas korea ini. Bahan-bahan untuk membuat Miyeok guk ini sangatlah mudah kita dapat di pasar segar yang ada di dekat rumah kalian, yang mau dapat harga yang murah, admin sarankan ke pasar tradisional saja, dijamin lengkap bahannya disana.


Bahan-bahan Untuk Membuat Miyeok guk

  • 1 ons rumput laut kering (wakame yang bisa dibeli di supermarket terdekat)
  • 9 ons daging sapi (potong dadu untuk sup)
  • 1 sdt kecap
  • 1 sdm bawang putih yang sudah dihaluskan
  • 2 sdt minyak wijen
  • Garam dan merica secukupnya
  • 10 gelas air

 

 Cara Membuat Sup Miyeok guk

1. Rendam rumput laut kring/wakame selama 30 menit, lebih dari satu jam adalah ukuran yang ideal. Namun tergantung dari seberapa kering rumput laut.

Tiriskan, rendam sekali lagi untuk menghilangkan garam yang menempel di rumput. Tiriskan dan potong-potong sesuai selera.

2. Potong dadu daging dan lumuri dengan bawang putih serta merica secukupnya saja.

3. Panaskan panci dengan api sedang, tuangkan minyak wijen ke dalam panci, masukkan daging dan masak hingga warnanya tak lagi merah.


4. Masukkan rumput laut dan kecap. Aduk hingga merata sekitar 4-5 menit. Tambahkan minyak wijen jika mulai lengket di panci.

5. Masukkan air, 1 sdt bawang putih halus, 1/2 sdt garam dan 1 sdt kecap ke dalam panci berisi daging dan rumput laut. Rebus dengan api sedang hingga 30 menit.

6. Sup rumput laut siap disajikan dengan nasi, kinchi, atau makanan pendamping lainnya.


Ternyata sangat mudah yah cara membuat sup Miyeok guk ini, bahan-bahanyapun sangat sederhana, dijamin deh kalian tidak akan kesulitan mencari bahan-bahannya. Selamat mencoba resep membuat Miyeok guk khas korea ini. Kalau ada pertanyaan atau pingin share hasilnya silahkan komen dibawah. :)

Cara Membuat Sup Rumput Laut Korea Miyeok Guk